v

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami

Selasa, 21 Mei 2013

15 Tips And Trik Merawat Komputer dan Laptop



15 Tips And Trik Merawat Komputer dan Laptop agar tidak cepat rusak.


Tips And Trik Merawat Komputer dan Laptop agar tidak cepat rusak. - Selamat siang sobat, sekarang farhan kembali lagi pastinya dengan info-info yang berguna dan menarik. sobat farhan pasti di rumah punya komputer kan? hehehe, nah sekarang farhan mau nge-share nih, Tips And Trik Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak. pastinya sobat maukan komputer sobat bagus dan tidak cepat rusak, yap pastinya, bukan hanya manusia yang butuh perhatian, ternyata komputer juga lho, iya untuk menjaga kestabilan komputer kita pastinya kita harus mempunyai tips and trik merawat komputer dengan benar. sekarang farhan mau share tentang tips and trik merawat komputer.

1. Jangan Mematikan Komputer melalui tombol Power Off Di Cpu.
sobat tahu ga kenapa kita tidak boleh sering-sering mematikan komputer lewat tombol power off di CPU, karena dengan kita memencet tombol itu PC otomatis mati tanpa ada "jeda", untuk penstabilan dan mematikan aplikasi-aplikasi, dll. itu artinya sobat tidak memberi-kan kesempatan pada komputer untuk mematikan PC secara Optimal, itu lah yang kadang-kadang membuat PC cepat eror, sebaiknya sobat mematikan PC dari "Turn Off Computer" yang ada di menu "Start".

2. Pasanglah Antivirus yang selalu Update tentang Virus-virus terbaru, Dan perlindungan maksimal.
kenapa sobat harus memakai antivirus yang selalu update dan perlindungan yang maksimal? karena di jaman sekarang ini di sistem operasi windows selalu ada virus yang mengancam setiap hari-nya lebih dari ribu-an bahkan jutaan, nah maka dari itu sobat, saya sarankan sobat memakai antivirus yang sudah sekalian sama internet security, misalkan Norton Internet Security, Kaspersky Internet Security, mereka sudah mencakup internet security dan Antivirus, dan mereka bisa mengenali virus lebih banyak di banding antivirus yang biasa.

3. Pasang Aplikasi System Care Di PC.
nah sobat kenapa kita harus menginstal System Care di PC, karena di PCk-kan suka ada tuh seperti junk files, ataupun malware, atau files-file yang sudah tidak di gunakan, nah dengan system care ini kita bisa menghapus file-file yang tidak penting dari komputer kita. kalau di PC saya, saya memasang Advance System Care, adalah sebuah software yang kegunaanya seperti yang saya jelaskan di atas tadi, menurut saya berguna untuk menambah optimisasi PC anda, anda bisa mendownload-nya DISINI, ini yang versi Free.

4. Pastikan komputer anda bersih dari debu.
nah sobat kenapa sih kita harus sering-sering membersihkan komputer kita dari debu? karena komputer itu sangat sering terkena debu, seperti bila tempat DVD/CD reader di komputer kita Optik-nya kena debu, itu akan merusak optik dan merusak cd, jika optik terkena debu yang banyak maka optik lama-kelamaan akan rusak, dan harga optik pun lumayan mahal 300.000+, nah sama juga dengan bagian komputer yang lainya, maka karena itu kita harus sering membersihkan komputer kita sobat.

5. Jangan Terlalu banyak Aplikasi yang lebih dari 5GB di komputer.
yap kenapa sobat di komputer kita jangan terlalu banya aplikasi yang memorinya melebihi 5GB, ya karena dengan adanya aplikasi-aplikasi yang memorinya besar seperti itu, akan membuat komputer kita berat untuk loading, dan mengurangi performa PC kita,  kalau saya sarankan simpanlah applikasi yang memorinya 5GB++ kedalam USB yang memorinya besar, Atau kedalam Hardisk Tambahan.



6. Jangan sembarangan mendownload software" dari internet
Biasanya nih, klo udah ada koneksi kenceng alias ngebut, pasti deh kerjaannya download. Usahakan jangan download software yang tidak jelas asal usul silsilah keluarganya,(software ada keturunannya men) karena bisa membahayakan diri kita. Pakelah software" yang telah didapatkan dari paket laptopnya waktu pertama beli. Jika software hasil download sebaiknya scan dulu dengan antivirus paling top.

7. Jangan menginstall software" yang sekiranya jarang dipakai dan tidak berguna
Buat apa beli duren tapi gk dimakan. betul tidak? seperti halnya software yang sudah diinstall, jika tidak dipakai dan tidak berguna maka hanya akan menjadi sampah saja dan bisa bikin muntah. (bilang aja gk doyan duren)

8. Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala
Dampak yang ditimbulkan cukup besar, berdasarkan pengalaman teman saya. Setelah beberapa jam saja laptopnya ditaro diatas kasur, keesokan harinya adaptornya langsung rusak.

9. Jaga kebersihan laptop anda
Usahakan laptop anda tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain putih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit. Pakai pelindung layar dan pelindung keypad juga klo mampu beli.

10. Hindari getaran elektromagnetik
Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

11. Rapikan kabel-kabel yang terhubung
Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung lalu jatuh dan terluka kemudian menyalahkan anda. Bisa repot lagi urusannya.

12. Rawatlah baterai laptop secara teratur
Hendaknya saat memakai laptop untuk waktu yang lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan. Lalu jika sudah penuh cabut chargerannya lalu mainkan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

13. Jangan menaruh benda diatas laptop
Apalagi benda yang berat, bisa" laptop anda langsung berpaling ke tukang service teknisi perbaikan laptop. Karena bisa merusak layar monitor.

14. Jangan sekali" untuk mencoba pindah-pindahkan laptop saat masih hidup. (karena dia bisa jalan sendiri)
Itu ada penjelasannya, begini ceritanya : Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

15. Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri. Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Powered By Blogger

Labels

Pages - Menu

Terima kasih telah mengunjungi blog kami »
Semoga apa yg saya posting bisa bermanfaat bagi anda :)
http://johantkj-johan.blogspot.com/

Followers

Followers

s

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews