v

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami

Selasa, 21 Mei 2013

Ciri Ciri Harddisk Sudah Rusak


Ciri-ciri harddisk yang rusak:

1.Komputer menjadi lemot:
Komputer yang harddisknya rusak pasti mengalami kelambatan yang parah, biasanya waktu menyalakan ulang pas masuk proses starting windows serta watu mnegelola data dan sedang membuka direktori harddisk.

2.Komputer susah booting:

waktu komputer dinyalakan proses pasti ada bunyi beep yang normal akan tetapi waktu akan masuk ke windows ada tulisan “Disk Failure” namun jika direstart akan kembali normal, itulah tanda” harddisk anda kadang ke ditek kadang tidak di PC karena harddisk sudah aus.

3.Bunyi yang kasar pada harddisk
Perhatikan bunyi pada harddisk waktu dinyalakan, biasanya harddisk yang masih bagus dan normal akan mempunyai bunyi yang lembut. Akan tetapi berbeda dengan harddisk yang rusak/bad sector akan berbunyi sangat kasar. ini diakibatkan dari slider(berbentuk jarum) yang digunakan untuk membaca kepingan harddisk tidak stabil dan akhirnya bergerak kasar dan tidak karuan. biasnya ini disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil dan sering terjadinya mati listrik.

Saran untuk memelihara harddisk:

gunakan software utilities yang menunjang kesehatan harddisk seperti disk defragmenter, ASC (advanced system care), disk doctor dll.
di haruskan mendefrag harddisk maksimal 2 minggu sekali/1 bulan sekali. jangan terlalu sering mendefrag harddisk dikarenakan jika harddisk di defrag akan bekerja sangat keras, jika harddisk bekerja terlalu keras akan mengurangi umur si harddisk itu.
pergunakan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik menjadi tetap.
jika dirumah anda sering mati lampu, maka saya sarankan menggunakan UPS(alat yang digunakan untuk menyimpan listrik jika suatu saat listrik mati akan digantikan oleh alat ini untuk beberapa menit).
Jika anda memegang harddisk hindari untuk membalik-balikkan harddisk, memukul-mukulkan harddisk, dan menjatuhkan harddisk serta hindari benturan pada harddisk.
jika suhu komputer anda terlalu panas maka disarankan untuk membeli van khusus untuk mendinginkan suhu pada harddisk, ini bertujuan untuk mendinginkan pcb pada harddisk agar tidak overheat.
jika mengalami kejadian diatas segerah backup data penting anda untuk berjaga-jaga sebelum harddisk anda mati total.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Powered By Blogger

Labels

Pages - Menu

Terima kasih telah mengunjungi blog kami »
Semoga apa yg saya posting bisa bermanfaat bagi anda :)
http://johantkj-johan.blogspot.com/

Followers

Followers

s

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews